Search

Mas Dhito Akan Integrasikan Pengelolaan Sampah Pasar Sambi Kediri Dengan Program DITO

Mas Dhito Akan Integrasikan Pengelolaan Sampah Pasar Sambi Kediri Dengan Program DITO

Hanindhito Himawan Pramono. Foto : Dokumetasi – A Rudy Hertanto

Hanindhito Himawan Pramono (akrab disapa Mas Dhito) Calon Bupati (Cabup) Kediri tahun 2020 mengatakan, persoalan yang sekarang dihadapi pedagang Pasar Sambi di Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri bukan berkaitan dengan relokasi.

“Saya tanya apakah mereka berkenan untuk direlokasi artinya dibangunkan pasar yang lebih layak, tapi ternyata persoalan yang mereka hadapi sekarang ini adalah pengelolaan sampah,” katanya usai blusukan dan berdialog dengan para pedagang Pasar Sambi, Jumat (30/10/2020).

“Kalau persoalan bagaimana cara mengolah itu kan sudah ada sistemnya, sudah ada ahlinya tapi yang kita butuhkan kan tempatnya, ternyata sudah ada sawah yang disediakan,” sambungnya

Menurut Mas Dhito, menindaklanjuti kebutuhan pengelolaan sampah di Pasar Sambi, nantinya memang perlu di pikirkan secara bersama secara matang, bagaimana untuk dibuatkan pengolahan sampah yang baik di pasar tersebut.

“Sampah harus dipisahkan antara sampah organik dan sampah anorganik, mana sampah yang gampang terurai, mana sampah yang sulit untuk diurai, nah ini harus mulai dipisah-pisahkan nggak bisa semuanya jadikan satu terus dibakar gitu saja enggak bisa,” tuturnya.

Mas Dhito menambahkan, pengelolaan sampah di Pasar Sambi melalui pemisahan sampah organik dan anorganik akan diintegrasikan dengan Program DITO (Desa Inovasi Tani Organik) yang mengimplementasikan penggunaan pupuk organik dalam sektor pertanian. (A Rudy Hertanto)

INDEX